Rabu, 10 September 2008

Hari ini hari senin

Hari ini Senin, 8 September 2008 ga nyangka ternyata bisa juga gua ga tidur abis shubuh. Dari abis shubuh udah banyak yang gua kerjain (dan hasilin). Gua baca2 tentang kerangka desain SETS, tentang sistem thingking, dan tulisannya pa irsyad hasilnya judul skripsi. Gua juga sambil ngetik apa yang dipikirkan saat itu. Hasilnya jurnal buat di blog. Okehh banget kan gua. Wahyu masih tidur. Musik yang gua setel Sherina (Aku dan Rembulan dan Pelangi), Slank album slow but sure (Alon-alon asal kelakon, Me & Renny, Sin City, Sejak Kau Benci, Intros), dan American Pie nya Mas Donna.
Rencana hari ini (8 september 2008):
gua berusaha menemukan judul yang mungkin gua jadiin skripsi. Caranya tanya Slamet tentang syarat2 penelitian hubungan. Kalo mungkin tanya bu riche.
Gua mo benerin blog gua,mo ganti namanya jadi gopelkerlip trus mo diposting ah tulisan2 gue. Juga blog kerlip mo dipasangin adsense.
Oiya gua juga harus ngontak ardi buat minjem buku2 walhi
Menghubungi Bu Yanti dan bu Lovely terkait skripsi gue.
Sms in temen untuk hadir di forum ok sabtu ini.
Ngapain lagi yaaa ngetik proposal skripsi
O iya bikin web sites. Beli buku buat jurnal euy.
Tanya arti di adsense ke bu lovely dan harry

Malem harinya:
Dari rencana yang udah disusun. Alhamdulillah gua udah nanya ke slamet tentang penelitian hubungan dan penelitian pengaruh.
Penelitian hubungan tidak dikenakan perlakuan
Penelitian pengaruh dikenakan perlakuan
Slamet juga memberikan skripsinya ke gua buat di save di flasdis.
-------
Merasa ada kesempatan, gua memutuskan silaturahim ke bi onah sore harinya. Mudah-mudahan bisa ngenet disana.
Eh ternyata…
Emang sih ada warnet, Cuma lambat banget. Download 400an byte/s. yaudah keluar aja. Tergoda bikin dosa lagi euy…
-------
Belum bikin juranl harian, buku janji dan catatan. Ngga tau kenapa jadi berat, mikirin biayanya, apa lebih baik beli aja?
-------
Ga jadi ke kampus udah cukup nanya slamet. Tapi sebenarnya karena ga sempet. Dari subuh ampe jam 8 kan gua ngetik. Abis itu tidur 1-2 jam lah. Ternyata bablas ampe jam 11.30, udah ga sempet kemana-mana masih maen game bola lagi abis mandi.
Abis itu sholat dulu…trus bingung apa yang harus dilakukan. Ke slamet dulu? Warnet dulu?atau??
Yaudah deh ke slamet dulu. Slamet tiur, lama nunggu eh flasdis ketinggalan di wahyu
-------
Abis ngambil flasdis, ke kosan slamet lagi. Sambil nunggu slamet bangun baca quran dulu. Akhirnya bengun juga tuh orang. Yaudah mulai nanya deh gua. Hslnya diatas kan udah. Abis itu solat ashar, nganter galon ke kosan trus ke bi onah deh.
-------
Tanya ke bu Lovely/Bu yanti. Pendekatan SETS yang dipake di kerlip gmn? Trus sistem berpikir di bangun lewat apa? Apakah pendekatan SETS untuk membangun sistem berpikir, atau gmana? Atau penggunaan sistem berpikir dalam visi Sets?
Jawabannya:
Bu Yanti: Menggunakan pendekatan multikultur, buku rujukan tanya Irsyad ya, buku sistem berpikir dan undestanding by design ada di lovely. Bisa klik di google ttg sistem thinking.
Menurut Ova gimana? Zakky mulai dengan sejarah hidupnya, keluarganya, bangsanya sampai tiba di PPIPTEK dia ingin tahu tentang 9 muka yang terpampang disana, cari tau biografi saintis pengubah dunia , temukan pita sejarah sains dari worldbook terus buat pita sejarah sains mandiri. Lalu mulai CACT elektromagnetik dst.
Belum ajeg Va, baru inisiasi yang berserakan. Mungkin lebih menarik pengembangan model bahan ajar bervisi SETS dalam meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik di komunitas HS Kerlip.
Tapi kalo sudah diajukan no. 1 kayaknya cukup memadai “visi dan pendekatan SETS dalam pengembangan desain bahan ajar di komunitas HS kerlip.
Setelah itu bu yanti nelepon gua, intinya:
Kultur studies adalah antara yang didpikirkan, dirasakan, dialami, diharapkan anak dengan pengetahuan ideal yang harus diketahui anak. Topik dengan problem solving anak. Multikultur: ideal dengan keseharian hierarki pengetahuan, hierarki budaya. Modul: LiBra, Cact. Bahan ajar adalah desain untuk mengantarkan ke sumber belajar. Jadi pengembangan bahan ajar yang kemarin dibuat buat di pacitan ltu udah melalui proses kajian-naskah akademik-FGD-workshop maka jadi kerangka desain bahan ajar homeschooling. Emang pengennya sih ada penelitian pengaruh bahan ajar dengan sistem berpikir peserta didik tapi belum ada yang buat model bahan ajarnya. Ova buat model bahan ajar berdasarkan kerangka, berdasarkan SKL SMP atau sainsnya aja. Masing-masing fasilitator masuk ke homeschooling-inc ikuti termnya disana. Kesimpulan gua multikultur ga cuma interaksi antar komponen sebagai suatu sistem aja. Tapi multikultur juga ada pertentangan antara ideal/ideologi dengan yang dirasakan, dialami, dipikirkan, diharapkan masyarakat.
Jawaban bu lovely:
Aku kirim beberapa karya tentang sistem thingking ya. Untuk visi SETS, bu yanti lebih jago. Kenapa ga spesifik CACT aja?
--------
Itulah jurnal gua hari ini….