Rabu, 10 September 2008

Ramadhan 2008

Udah sepekan berlalu di bulan Ramadhan. 3 hari awal ramadhan (1-3 September 2008) aku habiskan waktuku di rumah Depok. Disana siklus keseharianku tidak jauh berbeda dengan di Bandung. Masih banyak tidur. Kalo di Depok lebih suka baca komik dibanding baca jenis buku lain. Padahal komiknya udah dibaca berkali-kali tapi ga bosen. Kalo di Depok juga aku biasa tidur malam Pk. 00.00 keatas baru bisa tidur. Nah, pas abis shubuh tidur lagi bisa ampe Pk. 11.00. Siklus keseharianku emang kacau, kalo malem seger. Pagi tidur.
Aktivitas lain bantuin mamah nganter jahitan. Atau bantu-bantu di toko distromuslim kami dekat stadela (stasiun depok lama). Tetapi setidaknya harapan masih ada. Aku merumuskan resolusi baru dalam bulan Ramadhan ini. Resolusinya adalah aku akan mencoba membaca, memahami, dan mendalami perihal tazkiyatunnafs. Buku rujukanku adalah Keajaiban Hati Al Ghazali, Telaah 40 Hadist Imam Khomeini Jilid 1, dan satu lagi buku berjudul Jihad Akbar (lupa pengarangnya). Selain itu aku juga memutuskan untuk menulis jurnal harian berisi pengalaman, pemikiran, hasil baca buku, nonton, dsb. Jurnal itu sebagai bahan refleksi, evaluasi diri harian. Nah, ketika aku memilih untuk mempelajari sesuatu aku juga akan membuat laporannya lhho! Aku juga memilih untuk serius ngerjain skripsi. Dengan mulai memikirkan judul baru. Judul sebelumnya mau diganti aja deh. Jurnal harian beserta laporan hasil pembelajaran akan aku terbitkan di blog.
Di Depok aku sempat baca Spirit, buletinnya Yayasan Dinamika Insan. Aku tergoda untuk ikutan nulis disana. Jadi semacam kontributor gitu. Tulisan pertama kayaknya tentang organisasi. O iya di Depok ikut Forum OK! ada bu lovely dan pak Arie. Semangat seperti biasa.
Mulai 4 Ramadhan (Kamis, 4 September 2008) gua udah di Bandung lagi. Ngapain aja di Bandung? Alasan ke ortu kenapa aku ke bandung mo bimbingan skripsi. Dalam hati ga yakin juga sih. Pas sampe bandung sempet mampir dulu di kosan wahyu. Numpang buka trus pulang ke kosan. Di kosan ada kang ugit, faqih lagi tidur kayaknya. Gua langsung tidur aja. Biar bisa bangun Pk. 02.00. Buat sholat tarawih.
Bangun Pk.02.00 lebih dikit trus wudhu. Asik banget sholat malem dengan waktu yang pas buat gua. Stelah solat tarawih makan korma sambil nonton Tafsir Al-Mishbah nya Quraish Shihab (juga PPT). sekitar Pk.03.00 ke warung makan. Beli saat itu biar ntar ga ngantri lagi. Yang penting beli dulu. Makan belakangan kan bisa. Dapet air panas dari Ibu warung buat bikin susu. Dikosan gua minum susu. Trus sekitar pk.03.30 gua baru makan nasi.
Beres makan nonton PPT ampe abis, sambil nungguin solat subuh berjamaah di masjid. Udah adzan langsung ke masjid dong.
(Ampe sini gua simpulin aktivitas di bulan ramadhan bisa bikin gua disiplin nih, bermakna banget)
Abis solat shubuh baca Keajaiban Hati Al-Ghazali. Kitab ini bagian dari kitab Ihya ‘Ulumuddin Jilid III nye. Gua baca terlebih dahulu bagian yang gua butuhi n, yaitu cara mengendalikan syahwat. Ntar deh gua jelasin tentang apa yang gua dapet ye.
Biasanya abis shubuh gua langsung tidur. Tapi ini nggak. Tapi setelah beres baca beberapa bagian, tergoda juga liat faqih tidur. Akhirnya gua tidur deh. Gua tidur sebenarnya bangun jam 8 tapi merasa masih kurang, tidur lg deh ampe jam 10. Pas bangun gua nyesel, ngabisin waktu dengan tidur.
Hari itu rencananya mo ke rumah kaira di kiara condong. Tapi ditelepon teh nur kita kumpul dulu jam 4 rapat sekalian buka bareng kerlip. Yaudah gua ke gerlong aja liat2 buku murah. Ternyata gua beli juga, abis 60ribuan.
Iseng ngSms bu Yanti “bu, bahan ajar bervisi Sets kayak gimana?” ga nyangka respon beliau luar biasa. Langsung bales sms trus ngirim email. Yaudah abis beli buku gua ke warnet trus ngetik hasil yang udah gua dapetin dari bu yanti di kosan faat.
Ga nyangka waktu cepet banget. Tau2 udah jam 4. Ada sms dari teh nur, dia udah nyampe di Kopma. Yaudah gua cpet2 deh. Abis ngprin langsung caw.